Singapura – Para vendor teknologi seakan tengah berlomba untuk menyiapkan teknologi Long Term Evolution (LTE) untuk segera dimasukkan ke dalam industri ICT. Dalam sebuah uji coba, untuk mengunduh film dengan teknologi ini hanya membutuhkan waktu hitungan detik. Wuss…Demo tersebut menjadi andalan Nokia Siemens Network (NSN) kepada sejumlah wartawan, termasuk detikINET, di tengah hajatan pameran teknologi telekomunikasi yang disebut-sebut terbesar di Asia Pasifik, CommunicAsia 2009.Dalam demo, teknologi LTE digunakan awak NSN untuk men-download film yang berukuran sekitar 50 MB. Kira-kira tak sampai 3 detik, film yang ‘disedot’ tersebut ternyata sudah selesai diunduh. Sungguh cepat bak roket.Selain itu juga didemokan bagaimana melakukan video call dengan LTE. Melalui kamera 8 megapiksel yang ditanamkan dalam komputer layar sentuh yang dibawa NSN, gambar yang dihasilkan tidak pecah meski kamera digoyang-goyang.

Menurut data NSN, secara umum LTE memang mampu menawarkan kecepatan data hingga 173 Mbps untuk downlink dan 58 Mbps untuk uplink. Tentu saja dengan kecepatan tersebut, teknologi ini tak bisa disandingkan dengan 3G karena ‘kasta’ keduanya jelas berbeda.
Jorg Erlemerier, Head of Services NSN Asia Pasifik mengatakan bahwa LTE akan menjadi bagian penting dalam perkembangan industri telekomunikasi. Mau tak mau operator telekomunikasi harus sudah mulai siap menyambutnya.

Sumber :Detiknet